Shalat Berjamaah

eramuslim.com

Shalat Berjamaah adalah salat yang dikerjakan secara bersama-sama antar imam dan makmum . Paling sedikit salat berjamaah dikerjakan oleh 2 orang , paling banyak tidak terbatas . Hukum melaksanakan salat berjamaah sunad muakad, artinya sunad yang dikuatkan atau mendekati wajib .

Salat berjamaah dianjurkan karena pahalanya sangat besar dan lebih utama dari pada mengerjakan saat sendirian . Khususnya shalat lima waktu .Sabda rosullulah yang artinya : Dari Ibnu Umar , telah bersabda rosullulah saw. Salat berjamaah itu lebih utama dari pada salat sendirian sebanyak 27 derajat(H.R. BUKHARI MUSLIM ).

Ada syarat-syarat menjadi imam yaitu:

  1. 1.       Orang yang bacaan Al- Qur’annya lebih baik dari jamaah lainya
  2. 2.       Mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan shalat
  3. 3.       Laki-laki menjadi imam untuk laki-laki dan wanita , untuk wanita hanya boleh menjadi imam untuk wanita saja.
  4. 4.       Yang lebih tua usianya di antara anggota jamaah
  5. 5.       Imam tidak dibenci oleh makmumnya

Aturan Menjadi Imam :

  1. Imam berdiri paling depan dan menghadap kiblat
  2. 2. Membaca niat untuk menjadi imam pada salat yang dikerjakan
  3. Dalam mengucapkan takbir pada setiap gerakan ruku’,I’tidal,sujud,duduk diantara dua sujud dan bacaan salam supaya dikeraskan sebagai komando bagi jamaah .
  4. Ketika membaca surat Al- Fatihah dan surat Al- Qur’an sunat dikeraskan pada rakaat pertama dan kedua salat magrib isya’ ,dan subuh, sedangkan bacaan lainya tidak dikeraskan .

Nah itu pengertian salat berjamaah dan sarat menjadi imam jadi sahabat famster jangan lupa untuk salat berjamaah di rumah ya …. Untuk sarat menjadi makmum dan sebagainya tentang salat akan menyusul daaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Leave a comment